Cara Install Ubuntu 15.10

Cara Install Ubuntu 15.10 Lengkap
Egiesem.com - Pada kesempatan kali ini saya akan sharing bagaimana cara install ubuntu 15.10 di laptop / pc kita. Ubuntu sendiri seperti yang kita tahu merupakan salah satu sistem oeprasi paling populer dan paling banyak digunakan.



Hal - hal yang harus kita persiapkan sebelum memulai pada tahap installasi ubuntu ini adalah yang pertama tentu kita harus siapkan Master Installernya terlebih dahulu, download ubuntu di website resminya langsung, lalu jika sudah kita bisa memanfaatkan media untuk installasi bisa dengan CD/DVD ataupun dengan menggunakan Flashdisk. Untuk cara install ubuntu kali ini saya memakai media CD.

Nah untuk syarat minimum hardware atau system requirement ubuntu ini tidak terlalu berat kok, dengan Ram 512 MB saja ubuntu ini sudah sangat cepat, dan harddisk minimum adalah 8 GB, istimewanya untuk CPU / Processornya di intel pentium 4 juga berjalan lancar ubuntu ini, untuk kebutuhan grafis ubuntu juga tidak perlu yang speknya tinggi cukup yang paling minimal saja. Baik kita langsung mulai saja proses installasinya langkah - perlangkah.

 

Langkah Cara Install ubuntu 15.10 Dekstop :


Setting Bios


Pertama kita harus setting bios agar booting mengarah pada media yang akan kita gunakan bisa saja itu CD/DVD ataupun Flashdisk. Untuk masuk ke BIOS Ini setiap laptop / PC berbeda caranya. Tapi umumnya jika Laptop dengan menekan F2 ketika laptop dinyalakan (harus cepat jangan sampai terlambat). Jika PC biasanya dengan menekan tombol Delete (Bukan Backspace :)).

Nah biasanya di semua bios terdapat pada menu boot disana pilihan CD/DVD atau USB Flashdisk pastikan diposisi teratas, atau jika menggunakan opsional pastika mengarah ke media ini. Pasikan untuk simpan dan keluar ya dari biosnya.

Mulai Installasi

Nah jika sudah Selesai mengatur bios maka kita langsung masuk ke tahap utama yaitu installasi ubuntu, dan ketika pertama kita akan disughkan pilihan sebagai berikut :

Disini kita langsung saja memilih Bahasa Indonesia agar mudah dalam installasi nantinya, dan disana ada pilihan Coba Ubuntu dan Pasang ubuntu, nah jika kita ingin mencoba dulu ubuntu (Tanpa Install / Istilahnya Live CD/DVD atau Live USB) kita bisa memilih tombol ini. Namun jika mau langsung installasi klik saja Pasang Ubuntu. nah cara install ubuntu disini saya langsung mengklik Pasang Ubuntu.


Selanjutnya kita dihadapkan pada pilihan sepperti berikut ini, nah jika kita memiliki koneksi internet dan ingin langsung menginstall software tambahan pihak ke 3 seperti plugin mp3 agar musik mp3 bisa terbaca langsung kita bisa mencheklis pilihan pasang perangkat lunak pihak ke tiga, namun karena saya tidak terkoneksi ke internet jadi biarkan saja dan langsung klik Lanjutkan.

Lalu kita akan disuguhkan untuk memilih Jenis installasi yang akan kita gunakan, Disini ada beberapa pilihan seperti (Kondisi harddisk saya masih kosong):


Hapus Diska dan pasang ubuntu : Pilihan ini berarti kita akan melakukan partisi secara otomatis dan harddisk akan diformat semua.

Sesuatu Yang Lain : Pilihan ini berarti kita membuat partisi (Pembagian Harddisk) secara manual.

Disini saya sarankan memilih pilihan Sesuatu yang lain, karena kita bisa menentukan sendiri ukuran partisi yang kita kehendaki selain itu itung - itung belajar membuat partisi juga :). Langsung klik Lanjutkan


Lalu kita membuat partisi untuk ubuntu kita, tampak ada perangkat harddisk disini, untuk membuat partisi baru klik saja Tabel Partisi Baru. Nanti akan ada peringatan , klik saja Lanjutkan.


Jika sudah untuk membuat partisi baru klik tanda + pada tabel partisi tersebut dan akan muncul pilihan Buat Partisi, Nah disini kita akan membuat partisi untuk Swap terlebih dahulu. (Swap merupakan virtual memory yang berguna untuk menangani proses yang tidak bisa ditangani oleh memory asli / fisik). Umumnya ukuran Swap ini adalah 2 kali memory, misalkan jika Memroy / Ram kita 512 MB maka masukan swap sebesar 1024 MB. Untuk jenis partisi baru pilih Utama, dan lokasi partisi baru pilih di Mulai dengan spasi Berikut. Gunakan Sebagai pilih Ruang Swap. Lalu klik OK.


Karena kapasitas harddisk saya kecil, kali ini saya hanya akan membuat 2 partisi yaitu swap dan root (partisi minimal), jika kapasitas harddisk besar kita bisa menambahkan partisi lain seperti home. Lanjut kita membuat Partisi ROOT klik tombol + lalu untuk ukurannya kita gunakan saja sisa harddisk kita, dan untuk jenis partisi baru pilih Utama, Untuk Label Partisi Baru pilh Mulai dengan spasi berikut ini, dan untuk Gunakan Sebagai pilih EXT 4 dan Titik kait pilih / (di baca root). Lalu klik ok. Oh iya cara install ubuntu ini sama loh dengan cara install linux mint, jadi bisa di prakterkan juga di linux mint ya :).


Setelah proses partisi beres, selanjutnya klik  Pasang Sekarang. Dan jika ada peringatan seperti ini klik saja Lanjutkan. Lalu kita akan setting zona waktu, karena saya ada di WITA, maka saya piilh Makassar. Langsung klik Lanjutkan. Lalu kita memilih Jenis keyboard yang kita gunakan, untuk keyboard ini bairkan saja seperti itu dan langsung klik Lanjutkan.


Lalu kita akan mengisi Akun User kita yang digunakan untuk login ke ubuntu nantinya isi sesuai dengan keinginan. Jika sudah klik lanjutkan.
   Baca Juga : Mengelola Akun User Ubuntu di website egiesem.com

Jika sudah selesai pada tahap ini kita hanya menuggu proses installasi sampai selesai.

Jika sudah selesai nanti ada pilihan Nyalakan Ulang sistem sekarang, klik pilihan tersebut. Dan ketika sebelum restart keluarkan media cd/dvd / flashdisknya. (Atur juga biosnya agar mengarah kembali ke Harddisk untuk booting firstnya).

Kita sudah selesai menginstall ubuntu, dan berikut ini tampilan loginnya PIlih usernya, terus masukan sandi yang kita buat tadi.


Dan berakhirlah untuk tahapan installasi ubuntu 15.10. Begitulah bagaimana cara install ubuntu 15.10 di laptop / pc kita. Sekian untuk kali ini, semoga bermanfaat ya. Go Open Source.


0 komentar:

Post a Comment

Protection


Top