Pengertian Partisi, Manfaat Dan Jenis - Jenisnya

Pengertian Partisi, Manfaat Dan Jenis - Jenisnya

Pengertian Partisi, manfaat dan Jenis - jenisnya. Di dalam harddisk kita akan menemukan istilah partisi, partisi ini ada beberapa jenisnya seperti partisi primary, partisi extended, dan partisi logical. Lalu apa itu partisi?

Pengertian Partisi

Partisi adalah sebuah proses pembagian ruang kosong pada harddisk untuk memberikan / mengalokasikan file system pada ruang kosong yang tersedia pada harddisk, yang kemudian ruang kosong yang telah diisi file system tesrebut dapat digunakan untuk menyimpan data - data dan sistem operasi.

Manfaat Partisi

Partisi hardisk sangatlah kita perlukan, misalkan saja hardisk anda berukuran 500 GB dan akan menginstall sistem operasi maka kita bisa melakukan partisi untuk hardisk tersebut menjadi 250GB untuk partisi OS (C) dan 250GB untuk partisi data (D) atau dengan ukuran lainnya menyesuaikan kebutuhan.


Baca juga : Makalah Perangkat Lunak Komputer di egiesem.com


Dengan melakukan partisi, kita juga akan lebih mudah melakukan backup data misalkan saja ketika akan melakukan install ulang. Jika hardisk anda tidak dipartisi, maka secara otomatis seluruh data akan terformat / terhapus karena proses installsi OS baru biasanya memerlukan format hardisk, beda lagi jika kita sudah mempartisi hardisk kita sebelumnya maka data kita bisa kita selamatkan di partisi yang lainnya.

Jenis - Jenis Partisi

Jika kita perhatikan ketika peroses installasi sebuah sistem operasi tentunya kita akan dihadapkan ke dalam sebuah partisi harddisk. Ketika mempartisi ada beberapa jenis partisi yang bisa dipilih seperti partisi primary, partisi extended dan partisi logical. Lalu apa perbedaan dari ke tiga partisi tersebut?

  • Pengertian Partisi Primary (Primary Partition)
Partisi Primary adalah  partisi utama pada sebuah hardisk yang digunakan untuk menyimpan sistem operasi. Partisi primary ini merupakan partisi yang pertama kali diakses atau dibaca oleh komputer / laptop ketika proses booting.

Manfaat lain partisi primary ini adalah untuk menyimpan data - data lainnya seperti gambar, dokumen, dan musik. Akan tetapi untuk menyimpan file / data di partisi ini tidak disarankan karena jika sewaktu - waktu terjadi kerusakan pada sistem operasi tersebut datanya akan cenderung sulit untuk diselamatkan. Contoh partisi primary adalah parisi drive C.

  • Pengertian Partisi Extended
Partisi Extended ini juga merupakan sebuah partisi utama yang terdapat pada harddisk. Partisi Extended memiliki fungsi untuk mengatasi keterbatasan dalam pembagian sebuah partisi. Partisi Extended tidak menangani pengolahan data secara langsung. Untuk dapat menggunakannya, kita harus menciptakan Partisi Logical terlebih dahulu. Bisa dibilang tipe partisi ini adalah partisi lain selain Partisi Primary.

  • Pengertian Partisi Logical
Partisi Logical adalah partisi yang merupakan bagian dari partisi extended. Partisi ini mampu menyimpan data - data pribadi kita. Contoh nya adalah partisi D, E dan lainnya. Dari pengertian partisi diatas kita dapat simpulkan bahwa partisi dalam sebuah hardisk sangatlah dianjurkan bahkan sangatlah penting meningat manfaat partisi yang begitu besar terutama berguna untuk membackup data - data penting pada komputer / laptop.

Sekian aritkel kali ini tentang pengertian partisi, manfaat partisi dan jenis - jenis partisi semoga bermanfaat!
Lokasi: Bali, Indonesia

0 komentar:

Post a Comment

Protection


Top